Sabtu, 24 Juli 2010

Ratusan Tumpeng Hias Balai Desa


Ruwah Desa Wujud Ungkapan Terima Kasih
MOJOKERTO- Ritual sedekah desa sebagai ungkapan terima kasih mampu menjadi magnet bagi warga asli Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto.Minggu (25/7) siang, ratusan warga Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto.berebut tempat di balai desa setempat. Laki-laki, perempuan, tua, muda dan anak-anak berbaur dalam areal tersebut. Maklum, hari itu adalah waktu yang cukup sakral bagi warga setempat karena saat itu bertepatan ruwah desa .Selain di Balai Desa Warga dusun ngetrep juga menggelar kegiatan serupa diareal makam dusun yakni di makam mbah nyai syarifah muzammah atau lebih di kenal dengan mbah surgi atau mbah wringin langsih . Konon, orang yang dipercaya sebagai pembuka kampung alias mbabat alas daerah Sedati dan sekitarnya “Kita mau berterima kasih kepada mbah nyai syarifah muzammah atau lebih di kenal dengan mbah surgi atau mbah wringin langsih yang sudah membabat alas ini dan membuatkan desa untuk kami,” suhud penduduk asli Dusun Ngetrep
Menurut Suhud, setiap tahun selalu digelar acara sedekah desa sebagai ungkapan terima kasih kepada para leluhur. Acara tersebut juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga.
Kegiatan sedekah dusun, lanjut Suhud, sudah lama berlangsung dan tidak diketahui secara pasti sejak kapan acara tersebut digelar. Namun yang pasti, acara sedekah dusun digelar setiap bulan ruwah menjelang bulan puasa “Ini dilaksanakan sejak jaman dulu,” katanya.

1 komentar:

  1. SEMOGA ,DESA KITA GEMA RIPAH LOH JINAWI TOTO TENTREM KERTO RAHAJO,MURAH SANDANG PANGAN SEGER KAWERASAN.rri 80 AN

    BalasHapus